Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Prosedur dan Tata Cara Pengangkutan Barang Internasional (CK
Kategori : Buku Lain-lain - Lain-lain
Penulis : Ir. Gaguk Yuliyanto, M.Eng.Sc. dan Adi R
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 208 Halaman
Berat Buku : 310 Gram
Harga : Rp 110.000 / EXEMPLAR
   

Transportasi merupakan komponen utama bagi terlaksananya suatu kegiatan masyarakat. Transportasi berkaitan dengan pola kehidupan masyarakat, lokal serta daerah layanan atau daerah pengaruh aktivitas-aktivitas produksi dan sosial, serta barang-barang dan jasa yang dapat dikonsumsi. Kehidupan masyarakat yang maju ditandai dengan mobilitas yang tinggi akibat tersedianya fasilitas transportasi yang cukup, sebaliknya daerah yang kurang baik sistem transportasinya mengakibatkan keadaan ekonomi masyarakatnya berada dalam keadaan statis atau dalam tahap imobilitas. Oleh karena perkembangan tingkat peradaban manusia, kebutuhan akan sarana transportasi juga meningkat sehingga bermunculan penemuan-penemuan baru di bidang infra-dan suprastruktur transportasi.

Inovasi teknologi di bidang transportasi baik sarana, prasarana maupun fasilitas pendukungnya serta diterapkannya teknologi maju di bidang telekomunikasi dan informasi telah menciptakan peningkatan yang luar biasa dalam memperlancar pergerakan orang, barang, jasa dan informasi dengan tingkat efektivitas dan efisiensi yang tinggi, khususnya untuk keperluan kegiatan perdagangan (barang) secara internasional dan kepariwisataan (penumpang). Dalam angkutan barang, penerapan inovasi teknologi ini dapat dilihat pada semakin meluasnya penggunaan peti kemas yang dikenal sangat efisien.

Teknologi ini memampukan load dapat ditransportasikan dengan baik dari tempat asal hingga tujuan akhir dengan melibatkan lebih dari satu moda, karena teknologi dari setiap moda hanya khas untuk kondisi tertentu, sehingga tidak ada satu moda pun yang mampu melayani semua medan. Konsekuensi dari penerapan teknologi tersebut menuntut penerapan standardisasi dalam berbagai kondisi dan requirements dari setiap moda yang terlibat agar efisiensi dapat di-maintained. Dengan kondisi tersebut tidak ada satu kawasan pun di dunia ini yang tidak mungkin dijangkau.

Dalam rangka mewujudkan industri dan perdagangan regional dan global yang semakin efektif dan efisien sejalan dengan inovasi teknologi di bidang transportasi, telah dikembangkan pula manajemen distribusi fisis atau sistem logistik. Dalam sistem logistik, transportasi memegang peran penting dalam proses produksi yang memanfaatkan resources yang tersebar di berbagai kawasan, dan mengantarkan barang dari pusat produksi ke titik distribusi yang tersebar, dimulai dari grosir, ritel dan pada ujungnya sampai ke tangan konsumen dalam keadaan utuh tepat jumlah dan tepat waktu.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image