Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Supply Chain Management, Perencanaan, Proses, Kemitraan (Ed.
Kategori : Buku Ekonomi, Manajemen,Bisnis - Manajemen
Penulis : Dr. Lina Anatan, S.E., M.Si. dan Lena El
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 252 Halaman
Berat Buku : 310 Gram
Harga : Rp 64.000 / EXEMPLAR
   

Perkembangan bisnis yang dinamis selama ini membawa dampak pada banyaknya perubahan yang mempengaruhi banyak aspek dalam bisnis, khususnya terkait dengan manajemen operasi. Salah satu isu penting dalam manajemen operasi adalah manajemen rantai pasokan (Supply Chain Management atau SCM). SCM merupakan konsep yang tidak asing khususnya bagi kalangan mahasiswa, akademisi, dan praktisi. Konsep SCM merupakan perkembangan dari manajemen logistik, yang lahir seiring dengan perubahan paradigma persaingan bisnis dari single alone competition menjadi network competition. Kondisi ini menuntut organisasi untuk memfokuskan pada strategi baru melalui pengelolaan koordinasi antar organisasi terkait yang lebih dikenal dengan suatu rantai pasokan.

Masih sedikitnya literatur yang memfokuskan pembahasan tentang manajemen rantai pasokan memotivasi penulis untuk mengangkat tema ”Supply Chain Management: Teori dan Aplikasi” mengingat pentingnya konsep ini diaplikasikan dalam bisnis dan menambah wawasan baik bagi mahasiswa, akademisi, maupun praktisi. Secara rinci penulis mengemuka-kan paradigma persaingan bisnis baru yang dikenal dengan network competition era. 

Pada edisi cetakan kedua ini, penulis berusaha memperkaya wawasan pembaca terkait implementasi manajemen rantai pasokan dalam industri manufaktur dengan menambahkan satu hasil penelitian empiris. Penelitian tersebut menguji peran praktik-praktik manajemen rantai pasokan dalam mempengaruhi kinerja rantai pasokan dan peran ketidakpastian lingkungan dalam memperkuat atau memperlemah hubungan antara praktik-praktik manajemen rantai pasokan dan kinerja rantai pasokan. Selain itu, untuk memperkaya pengetahuan terkait perkembangan manajemen rantai pasokan dalam bidang jasa, penulis menambahkan satu topik khusus yang membahas implementasi manajemen rantai pasokan dalam bidang jasa, dan secara spesifik dalam bidang pendidikan. Penulis menilai bahwa topik ini merupakan topik yang menarik untuk dikaji lebih lanjut mengingat selama ini konsep manajemen rantai pasokan lebih dikenal dan diimplementasikan dalam bidang manufaktur.  

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image