Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Tata Kelola Kawasan Konservasi Perairan, Teori dan Aplikasi
Kategori : Buku Geografi - Geografi
Penulis : prof. Dr. Ir. Roni Bawole, dkk.
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 160 Halaman
Berat Buku : 210 Gram
Harga : Rp 40.000 / EXEMPLAR
   

Masalah pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan (KKP) yang terjadi belakangan ini telah mendorong lahirnya berbagai pendekatan manajemen (integrated coastal management, ecosystem based management, ecosystem approach to fishery) sebagai aplikasi yang terus dikembangkan dari berbagai konsep dan teori. Disamping hal tersebut, pendekatan berjenjang (sentralistik-desentralisasi, top down-bottom up, partisipatif, co-management) juga digunakan sebagai instrumen manajemen dalam menata KKP. Pendekatan-pendekatan tersebut telah mendapatkan kepercayaan sebagai cara-cara yang lebih baik dari berbagai upaya manajemen konvensional yang telah dilaksanakan sebelumnya, meskipun disadari pendekatan yang ada masih belum mampu untuk mengatasi berbagai masalah terkait dengan dinamika pengelolaan perikanan, pesisir dan laut, dan pengelolaan KKP.

Pada saat ini kebutuhan untuk berpikir lebih terfokus pada bagaimana menerapkan tata kelola (governance) dalam KKP. Pendekatan pemerintah (government) atau manajemen (management) konvensional telah bergeser ke arah penerapan tata kelola untuk melahirkan praktek-praktek yang baik (best practice) dalam menciptakan pembangunan pesisir, laut dan pulau-pulau secara berkelanjutan. Pendekatan tata kelola dapat mempertimbangkan seluruh ekosistem secara utuh dan komprehensif, dan mempromosikan resiliensi ekosistem melalui kelembagaan KKP.

Buku ini memuat aspek teori dan konsep tata kelola dalam menata KKP dan menyediakan praktek-praktek manajemen KKP ditinjau dari perspektif tata kelola. Buku ini dapat dibaca oleh berbagai kalangan termasuk masyarakat umum, mahasiswa, akademisi, peneliti, praktisi dan birokrat.  Bagi mahasiswa, buku ini dapat menjadi sumber pustaka dalam mata kuliah yang berkaitan dengan pengelolaan sumberdaya, manajemen perikanan dan konservasi sumberdaya pesisir dan laut. Bagi akademisi dan peneliti, buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dalam menemukan teori-teori baru guna menyelesaikan masalah-masalah KKP. Bagi para praktisi dan birokrat, buku ini dapat digunakan sebagai bahan dalam merancang program dan kegiatan sekaligus menentukan indikator kinerja manajemen KKP.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image