Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Pemecahan Masalah Matematika
Kategori : Buku Matematika - Matematika
Penulis : Dr. Jackson Pasini Mairing
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 204 Halaman
Berat Buku : 220 Gram
Harga : Rp 50.000 / EXEMPLAR
   

 

Selama ini matematika dipandang sebagai mata pelajaran yang “penuh dengan bilangan-bilangan dan rumus-rumus”. Paradigmanya adalah siswa belajar matematika hanya untuk menghapal, dan menggunakan rumus-rumus tersebut. Padahal tujuan utama belajar matematika lebih dari itu yaitu siswa memperoleh kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan sikap-sikap positif. Kemampuan berpikir tersebut adalah berpikir kritis dan kreatif. Sikap-sikap tersebut adalah tekun, pantang menyerah, gigih, keingintahuan yang besar, dan percaya diri pada situasi yang tidak biasa. Tujuan tersebut dapat diperoleh siswa-siswa melalui belajar menyelesaikan masalah-masalah matematika.

Akan tetapi, beberapa guru, mahasiswa atau peneliti mencampuradukkan soal dan masalah, atau menganggap masalah adalah soal sulit, benarkah demikian? Buku ini menguraikan secara lengkap mengenai: mengapa pemecahan masalah, masalah matematika, pemecahan masalah, strategi pemecahan masalah, contoh masalah dan penyelesaiannya, asesmen kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, kemampuan siswa saat ini, kesulitan siswa dalam memecahkan masalah, dan membelajarkan pemecahan masalah.

Keunggulan dari buku ini adalah:

1. Masalah matematika dan pemecahannya dideskripsikan menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami.

2, Penjelasannya didasarkan pada teori-teori yang kuat, hasil-hasil penelitian dan pengalaman penulis.

3. Beberapa masalah matematika dalam buku ini memiliki jawaban lebih dari satu, atau diselesaikan dengan lebih dari satu cara.

4. Uraiannya ditujukan agar mahasiswa calon guru, dan guru dapat membelajarkan masalah matematika sehingga siswa-siswa memperoleh kemampuan berpikir tingkat tinggi dan sikap-sikap positif.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image