Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Metodologi Penelitian Kualitatif
Kategori : Buku Statistika dan Penelitian - Penelitian
Penulis : Dr. Ibrahim, M.A.
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 240 Halaman
Berat Buku : 300 Gram
Harga : Rp 53.000 / EXEMPLAR
   

Kekuatan penelitian ilmiah bukanlah pada kebenaran hasilnya (pernyataan ilmiah) semata, tetapi juga pada kebenaran prosesnya (metodologis). Artinya, bahwa sebuah penelitian dianggap berhasil dan dapat dipercaya bukan sekedar didapatkannya jawaban yang diinginkan dalam penelitian, melainkan juga ditentukan oleh cara-cara memperoleh (pernyataan) tersebut. Inilah yang disebut dengan kebenaran materi (isi) dan kebenaran metodologis suatu penelitian. 

Karena itu, penelitian bukanlah sekedar aktivitas mencari tahu, tapi menemukan sesuatu. Penelitian bukan sekedar melaporkan informasi dan fakta sebagaimana laporan seorang pekerja jurnalis, melainkan pembuktian data. Penelitian juga bukan sekedar mendeskripsikan realitas, melainkan juga menjelaskan realitas dengan segala faktor yang terkait dalam realitas itu. Intinya, penelitian meliputi semua aspek yang terkait dengan aktivitas mencari tahu; Apa yang dicari tahu (what), mengapa perlu dicari tahu (why), bagaimana cara mencari tahu (how), dan sebagainya.

Dengan tidak bermaksud mengabaikan aspek teoritis-metodologis sebagaimana dituliskan di atas, buku ini hadir dengan warna yang sangat praktis dan aplikatif sebagai panduan bagi peminat penelitian kualitatif dasar.

 

Sebuah karya yang kandungannya disajikan secara sistematis dan mantap. Amat sesuai dijadikan panduan oleh mahasiswa dan sarjana untuk melaksanakan sebuah penelitian yang bermutu.    

Prof. Dr. Chong Shin 

Peneliti Utama Institut Alam Tamadun Melayu (ATMA), Universiti Kebangsaan Malaysia.

 

 

Dengan pendekatan praktis dan aplikatif, buku ini patut menjadi bacaan penting bagi peminat metodologi penelitian, khususnya bagi para mahasiswa yang menulis tugas akhir mereka dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.

Ali Hasmy

Doktor di bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Direktur Pascasarjana IAIN Pontianak

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image