Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Bimbingan dan Konseling, Teori-teori Hubungan Interpersonal
Kategori : Buku Pendidikan, Konseling - Konseling
Penulis : Arina Mufrihah
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 352 Halaman
Berat Buku : 440 Gram
Harga : Rp 75.000 / EXEMPLAR
   

Layanan Bimbingan dan Konseling merupakan sebuah layanan bantuan profesional yang dilakukan berdasarkan pengetahuan, keterampilan, keahlian, dan tanggung jawab oleh konselor kepada konseli. Sebagai sebuah layanan, proses dan hasil dari layanan konseling sangat dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu kualitas hubungan interpersonal antara konselor dengan konseli, kepatuhan konselor terhadap asas dan kode etik konseling, kesadaran dan pengakuan konselor akan adanya individual differences, keterampilan dasar konseling, keterampilan melaksanakan tahapan dan proses layanan, keterampilan menggunakan teknik konseling yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan konseli, dan benar-benar ahli dalam menerapkan pendekatan dan metode-metode dalam layanan bimbingan dan konseling. Dan buku ini membahas Bimbingan dan Konseling sebagai suatu professional helping yang menekankan pertumbuhan kualitas hubungan, keterampilan konseling, dan teknik-teknik konseling yang sedang dikembangkan oleh konselor profesional dan calon konselor yang sedang belajar dan berlatih untuk menjadi profesional.

Konselor atau Guru Bimbingan dan Konseling merupakan suatu profesi yang di dalamnya sangat menghargai hak-hak setiap individu untuk tumbuh mandiri, menentukan pilihan-pilihan, merealisasikan pilihan secara bertanggung jawab, dan berkembangan secara positif serta optimal. Hubungan antara konselor dengan konseli disebut dengan hubungan interpersonal, yaitu a helping process yang diberikan oleh konselor kepada konseli sesuai dengan kebutuhan konseli dimana keterampilan komunikasi baik verbal dan non-verbal, keterampilan menunjukkan dan mengkomunikasikan empati merupakan komponen esensial dalam menciptakan atmosfer konseling yang kondusif. 

Memberikan layanan konseling, tidak pernah lepas dari penggunaan teknik-teknik konseling yang dapat digunakan secara tunggal atau satu teknik saja dan bisa dengan memadukan antara satu teknik dengan teknik lainnya yang sekali lagi harus sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan konseli. Memilih dan menerapkan teknik konseling tentunya disesuaikan dengan kemampuan konselor dan juga dipengaruhi oleh masalah atau kesulitan apa yang dialami konseli. Menentukan kesesuaian antara teknik dan needs yang sesuai dengan Melalui analisa faktor hingga penentuan tujuan konseling.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image