Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Psikologi Olahraga
Kategori : Buku Olahraga - Olahraga, Penjaskes
Penulis : Prof. Dr. H.J.S. Husdarta
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 116 Halaman
Berat Buku : 180 Gram
Harga : Rp 29.000 / EXEMPLAR
   

Psikologi dipertimbangkan sebagai bagian dari ilmu filsafat, dimaknai sebagai studi tentang jiwa atau ilmu tentang perilaku (Holme, 1972). Psikologi diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari semua aspek tingkah laku manusia (kognitif, psikomotor dan afektif) ditinjau dari semua sudut dan menyajikan prinsip-prinsip elementer, esensial dan universal. Psikologi mempersoalkan inti dari jiwa manusia dan nilainya bagi manusia. Mengkaji psikologi berarti mempelajari seluk beluk gejala tingkah laku dan pengalaman manusia guna memperoleh pemahaman yang lebih baik (Fernald & Munn, 1969).

Olahraga kian meluas dan memiliki makna sebagai sebuah fenomena yang bersifat global (Simon, 1985). Olahraga dipandang sebagai perilaku gerak manusia yang bersifat universal. Perilaku gerak yang tidak hanya berorientasi pada tujuan fisik semata, namun juga aspek psikis. Olahraga sebagai perilaku gerak manusia adalah media untuk mengekspresikan "body and mind" secara harmonis (Osterhoudt, 1973). Olahraga sebagai aktivitas yang memunculkan tingkah laku dari aspek-aspek psikis yang mendasarinya. Faktor psikis berupa struktur dan fungsi-fungsi kepribadian seperti motivasi, emosi, percaya diri, disiplin, kecemasan, ketegangan, pembi­na­an kelompok, interaksi sosial dll, memainkan peranan yang amat penting dalam mendulang prestasi olahraga. 

Buku ini membahas pokok-pokok psikologi olahraga––orientasi psikologi olahraga––kepri­ba­dian dan sikap dalam olahraga––strategi motivasi olahraga––emosi dan olahraga––stres, kecemas­an, frustasi, dan agresivitas dalam olahraga––pembinaan disiplin percaya diri dan konsep diri––kohesi kelompok dan kepemimpinan.

Buku ini bermanfaat bagi guru SD hingga Perguruan Tinggi, praktisi olahraga, mahasiswa dan pelatih diharapkan mampu menginternalisasi pengetahuan, sikap dan kemampuan aplikatif tentang konsep dan prinsip-prinsip kejiwaan dalam keolahragaan sebagai dasar pertim­bangan dalam pemecahan masalah–masalah psikologis yang terjadi dalam proses pendidikan, dan kepelatihan serta peristiwa-peristiwa lain yang berhubungan dengan keolahragaan.

Psikologi Olahraga dapat dimanfaatkan untuk membantu mencetak atlet-atlet berprestasi dan dalam konteks pendidikan jasmani dan olahraga psikologi diamalkan untuk membantu pencapaian prestasi pembelajaran yang optimal.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image