Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Manajemen Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (CKs)
Kategori : Buku Umum - Buku Umum
Penulis : Ir. Gaguk Yuliyanto, M.Eng.Sc.
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 104 Halaman
Berat Buku : 170 Gram
Harga : Rp 60.000 / EXEMPLAR
   

Manajemen lalu lintas dan angkutan sungai, danau dan penyeberangan merupakan upaya untuk memperlancar lalu lintas dan angkutan secara cepat, efisien serta aman untuk sampai di tujuan. Dalam penerapan manajemen LLASDP dilakukan dengan tahapan perencanaan, penerapan/pelaksanaan serta pengendalian, dengan memperhatikan lalu lintas dan angkutan pada lintasan ASDP maupun lalu lintas di pelabuhan. Dalam manajemen LLASDP dapat dibagi menjadi sisi darat (saat penumpang/kendaraan akan naik/turun kapal) dan sisi perairan yang merupakan lalu lintas kapal di laut, sungai dan danau. Sedangkan lalu lintas kapal di perairan merupakan lalu lintas saat kapal meninggalkan pelabuhan sampai dengan kapal tiba di pelabuhan tujuan.

Transportasi antar pulau tidak bisa lepas dari transportasi yang menghubungkan pulau-pulau tersebut sebagai jembatan, diantaranya yang sangat penting adalah pergerakan melalui kapal penyeberangan berupa ferry roll on roll off yang lebih dikenal secara umum sebagai kapal roro atau feri roro. Sedang transportasi di dalam pulau dapat pula memanfaatkan sungai-sungai besar ataupun danau serta waduk yang jumlahnya tidak sedikit.

Dampak yang langsung dirasakan dengan bertambah luasnya jaringan pelayanan angkutan penyeberangan yang menghubungkan pulau-pulau di Indonesia adalah pertumbuhan ekonomi dari kawasan atau pulau yang terhubungkan dengan pelayanan penyeberangan ini. 

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image