Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Pembangunan Transportasi Berkelanjutan (Cks)
Kategori : Buku Umum - Buku Umum
Penulis : Yanuar Wijayanto
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 164 Halaman
Berat Buku : 250 Gram
Harga : Rp 70.000 / EXEMPLAR
   

Tidak bisa dipungkiri, pembangunan transportasi merupakan bagian penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Namun pentingnya peran transportasi masih diwarnai dengan karakteristik transportasi Indonesia yang dihadapkan pada kualitas pelayanan yang rendah, dan kuantitas atau cakupan pelayanan yang terbatas. Laporan World Economic Forum 2008-2009 menunjukkan bahwa kurangnya ketersediaan infrastruktur merupakan permasalahan kedua terbesar setelah inefisiensi birokrasi pemerintah bagi pelaku bisnis dalam melakukan usaha di Indonesia.

Peningkatan pembangunan transportasi yang terus diupayakan pemerintah terkendala oleh berbagai permasalahan antara lain permasalahan penyelesaian pembebasan lahan, yang diharapkan dengan disahkannya UU pengadaan lahan publik dapat membantu menjembatani kebutuhan akan pembangunan infrastruktur dengan kepentingan masyarakat luas. Selain itu dari aspek pembiayaan, skema pembiayaan pembangunan infrastruktur oleh swasta belum ada yang terealisasi (masih dalam tahap perencanaan). Selain permasalahan tersebut, pembangunan transportasi juga terkendala dalam hal pengukuran kinerja pembangunan transportasi dimana belum ada suatu indikator kinerja yang disepakati bersama untuk mengukur kinerja transportasi.

Oleh sebab itu, kajian tentang pembangunan transportasi berkelanjutan di Indonesia menjadi sangat penting untuk kemudian dimanifestasikan pada praktik pembangunan selanjutnya. 

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image