Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Kurikulum, Perencanaan, Evaluasi, Inovasi, dan Riset
Kategori : Buku Pendidikan, Konseling - Pendidikan
Penulis : Rino
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 516 Halaman
Berat Buku : 560 Gram
Harga : Rp 87.000 / EXEMPLAR
   

Tantangan pendidikan di Indonesia hari ini semakin kompleks, beban yang dipikul oleh pendidik untuk mencerdaskan bangsa semakin lama dirasakan sebagai pekerjaan yang maha berat. Abad 21 yang dicirikan dengan globalisasi dalam segenap aspek kehidupan menempatkan sektor pendidikan sebagai salah satu ujung tombak untuk mempersiapkan manusia Indonesia yang berdaya saing, oleh karena itu pengelolaan pendidikan harus ditujukan untuk mengantisipasi kehidupan yang penuh ketidakpastian, paradoksial, dan penuh persaingan

Dalam konteks globalisasi pendidikan memainkan peran sentral dalam membangun masyarakat yang berpengetahuan yang tercermin pada munculnya lapisan kelas menengah terdidik dan kaum profesional yang menjadi kekuatan penentu kemajuan ekonomi dimana mereka adalah elemen pokok dalam menyokong ekonomi berbasis pengetahuan. Perubahan yang terjadi harus disikapi secara proporsional oleh institusi pendidikan dengan selalu melakukan update terhadap kurikulum secara kontinu dan komprehensif sehingga perubahan yang terjadi tidak menjadi penghambat akan tetapi menjadi peluang meraih keuntungan yang lebih menjanjikan. 

Melakukan penyempurnaan kurikulum adalah bagian penting dalam siklus pengembangan kurikulum. Penyempurnaan kurikulum tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat oleh karena itu penting dilakukan analisis dan diagnosis kebutuhan masyarakat sebagai langkah penting dalam melakukan pengembangan kurikulum. Pengembangan kurikulum adalah proses berkelanjutan yang diawali dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kurikulum yang dikembangkan hendaknya dilakukan melibatkan semua pihak yang berkepentingan sehingga kurikulum yang dikembangkan dapat dilakukan secara jelas, terarah dan sistematis. Pengembangan kurikulum merupakan sebuah siklus yang secara umum terdiri atas: perencanaan/konstruksi kurikulum (curriculum desain) yang menghasilkan kurikulum sebagai ide dan dokumen, pelaksanaan kurikulum (curriculum implementation) yang merupakan kurikulum aktual atau kurikulum yang dilaksanakan dan evaluasi kurikulum (curriculum evaluation) yang menghasilkan laporan dan penilaian kurikulum.

Pengembangan kurikulum yang dilakukan pada sebuah institusi atau lembaga pendidikan tentunya tidak dapat dilakukan secara terpisah dari lembaga itu sendiri. Seorang pengembang kurikulum yang ingin melakukan pengembangan kurikulum haruslah memahami lembaga tempat ia bekerja secara utuh mulai dari visi, misi, karakteristik serta harapan yang ditumpangkan oleh masyarakat terhadap lembaga itu. Pemahaman yang utuh ini akan memberikan arahan yang jelas bagi developers dalam melakukan pekerjaannya. 

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image