Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Pencegahan Pencemaran Perairan Sungai dan Danau (CKs)
Kategori : Buku Kesehatan - Kesehatan
Penulis : Noor Sulistiyono
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 108 Halaman
Berat Buku : 200 Gram
Harga : Rp 55.000 / EXEMPLAR
   

Pencemaran di perairan sungai dan danau merupakan suatu peristiwa masuknya material pencemar seperti partikel kimia, limbah industri, limbah pertanian dan perumahan, ke dalam perairan, yang bisa merusak lingkungan perairan sungai danau. Material berbahaya tersebut memiliki dampak yang bermacam-macam dalam perairan. Ada yang berdampak langsung, maupun tidak langsung.

Sebagian besar sumber pencemaran laut berasal dari daratan, baik tertiup angin, terhanyut maupun melalui tumpahan. Salah satu penyebab pencemaran perairan sungai danau adalah kapal yang dapat mencemari sungai dan samudera dalam banyak cara. Misalnya melalui tumpahan minyak, air penyaring dan residu bahan bakar. Polusi dari kapal dapat mencemari pelabuhan, sungai dan lautan. Kapal juga membuat polusi suara yang mengganggu kehidupan organisme perairan, dan air dari ballast tank yang bisa mempe­ngaruhi suhu air sehingga mengganggu kenyamanan organisme yang hidup dalam air.

Bahan pencemar di perairan sungai danau lainnya yang juga memberikan dampak yang negatif ke perairan adalah limbah plastik yang bahkan telah menjadi masalah global. Sampah plastik yang dibuang, terapung dan terendap di sungai. Sejak akhir Perang Dunia II, diperkirakan 80 persen sampah plastik terakumulasi di laut dan sungai danau sebagai sampah padat yang mengganggu ekosistem sungai danau. Massa plastik di perairan diperkirakan yang menum­puk hingga seratus juta metrik ton. Kondisi ini sangat berpengaruh buruk, dan sangat sulit terurai oleh bakteri. Sumber sampah plastik di perairan juga berasal dari Jaring ikan yang sengaja dibuang atau tertinggal di dasar sungai dan danau.

(CKs)

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image