Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Metode Penelitian Hukum dan Penulisan Skripsi, Tesis, Serta
Kategori : Buku Ilmu Sosial/Politik/Hukum - Hukum
Penulis : Dr. H. Ishaq, S.H., M.Hum.
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 276 Halaman
Berat Buku : 340 Gram
Harga : Rp 60.000 / EXEMPLAR
   

Penelitian hukum pada dasarnya merupakan suatu kegiatan yang terencana untuk mengungkapkan kebenaran hukum yang dilakukan dengan cara metodologis, sistematis, dan konsisten. Metode-metode tertentu harus diungkapkan secara berurut dan sebagai kesatuan dari suatu sistem. Dengan demikian juga harus ada konsistensi, yaitu tidak adanya hal-hal yang saling bertentangan secara prinsipil. 

Penelitian hukum merupakan suatu penelitian yang mempunyai obyek hukum yang dapat berwujud hukum pidana, hukum perdata, hukum administrasi negara, hukum tata negara, hukum adat. dan hukum Islam. Selain yang telah disebutkan di atas, yang juga dapat menjadi obyek penelitian hukum adalah berupa subyek hukum, hak dan kewajiban, peristiwa hukum, maupun hubungan hukum.

Subyek hukum, diartikan sebagai pihak-pihak yang menjadi pendukung hak dan kewajiban. Hak adalah kewenangan/peranan yang boleh tidak dilaksanakan, sedangkan kewajiban merupakan peranan/tugas yang harus dilaksanakan kepada setiap orang. Peristiwa hukum suatu kejadian, peristiwa yang akibatnya diatur oleh hukum. Hubungan hukum adalah setiap hubungan yang terjadi dalam masyarakat yang diberi kualifikasi oleh hukum sebagai hubungan hukum, sebagai ikatan hak dan kewajiban bagi masing-masing pihak yang melakukannya.

Di dalam melakukan penelitian hukum, seorang peneliti seyogyanya selalu mengaitkannya dengan arti-arti yang mungkin dapat diberikan pada hukum. Arti-arti tersebut merupakan pemahaman-pemahaman yang diberikan oleh masyarakat, terhadap gejala yang dinamakan hukum, yang kemudian dijadikan suatu pegangan.

Buku ini selain mengetengahkan mengenai metode-metode yang dapat dipakai dalam meneliti hal-hal  yang berhubungan dengan obyek maupun subyek hukum, juga menelaah dengan rinci tahapan dan cara-cara menulis skripsi, tesis, serta, disertasi.

 

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image