Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Hukum Pajak dan Perpajakan dengan Pendekatan Mind Map
Kategori : Buku Keuangan,Akuntansi,Pajak, - Pajak
Penulis : Aristanti Widyaningsih
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 360 Halaman
Berat Buku : 470 Gram
Harga : Rp 62.000 / EXEMPLAR
   

Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. 

Pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan peran serta Wajib Pajak untuk secara langsung dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Sesuai falsafah undang-undang perpajakan, membayar pajak bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi merupakan hak dari setiap warga negara untuk ikut berpartisipasi dalam bentuk peran serta terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Tanggung jawab atas kewajiban pembayaran pajak, sebagai pencerminan kewajiban kenegaraan di bidang perpajakan berada pada anggota masyarakat sendiri untuk memenuhi kewajiban tersebut. Hal tersebut sesuai dengan sistem self assessment yang dianut dalam Sistem Perpajakan Indonesia.

Buku ini dikemas menjadi 21 bab dengan pendekatan mind mapping yang dilengkapi dengan contoh kasus dan rumus perhitungan pajak terutang meliputi: Teori, Konsep, dan Inti Perpajakan; Konsep Pajak Penghasilan; Bentuk Usaha Tetap; Pajak Penghasilan Pasal 21; Pajak Penghasilan Pasal 22; Pajak Penghasilan Pasal 23; Pajak Penghasilan Pasal 24; Pajak Penghasilan Pasal 25; PPN dan PPnBM; Pajak Bumi dan Bangunan (PBB); Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB); Retribusi Pajak Daerah; Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP); Pajak Terutang; Pembayaran, Pelaporan, dan Surat Ketetapan Pajak; Pembukuan dan Pencatatan; Pajak Penghasilan Pasal 26, Surat Pemberitahuan Pajak (SPT); Pemeriksaan dan Penyidikan Pajak; Penagihan Pajak; dan Sanksi Perpajakan.

Buku ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang sedang mendalami mata kuliah Pengantar Perpajakan, Hukum Pajak dan Perpajakan, Akuntansi Perpajakan, Perpajakan I dan II, praktisi serta masyarakat luas yang ingin mengetahui seluk beluk perpajakan di Indonesia.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image