Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling
Kategori : Buku Statistika dan Penelitian - Statistika
Penulis : Dr. Ridwan, M.Pd.
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 200 Halaman
Berat Buku : 250 Gram
Harga : Rp 40.000 / EXEMPLAR
   

Penelitian tindakan kelas yang dikenal selama ini hanya digunakan sebatas metode penelitian. Dalam Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK), ia bermakna ilmu amaliah dan amal ilmiah, dan statusnya ditingkatkan menjadi metodologi dengan tiga kontrol metodologis pada tiap tahapan siklusnya, sehingga tahapan siklusnya berbeda dengan apa yang diketahui.

PTBK dengan pendekatan Islami ini menggunakan ideologi tauhid. Bukan semata-mata meng-Esakan Tuhan. Tetapi, makna al-tawhid adalah meyakini kesatuan penciptaan (unity of creation), kesatuan kemanusiaan (unity of mankind) dan kesatuan tuntutan hidup (unity of purpose of life). Dengan ideologi ini tidak akan terjadi tindakan yang dualisme, dikotomis dan sekuler.

 

Apa landasan filsafat dan teosofatnya? Bagaimana sikap peneliti terhadap tindakannya? Apa kontrol metodologisnya dan bagaimana ia dilakukan? Bagaimana menyatukan tindakan agar tidak dualisme? Bagaimana validitas PTBK Islami yang berbeda dengan PTK lainnya? Yang penting pula, dalam buku ini pembaca dibantu untuk menyusun proposal PTBK tahap demi tahap.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image