Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Menjadi Pemimpin Besar Visioner Berkarakter
Kategori : Buku Ekonomi, Manajemen,Bisnis - Manajemen
Penulis : Prof. Dr. Sudarwan Danim
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 272 Halaman
Berat Buku : 340 Gram
Harga : Rp 56.000 / EXEMPLAR
   

Salah satu ciri manajer atau pemimpin pendidikan yang baik dan bermutu adalah lebih bekerja atas dasar visi ketimbang regulasi, tanpa harus memposisikan bahwa yang disebutkan terakhir ini sebagai tidak penting. Mereka yang duduk pada posisi pimpinan, ketika tanpa dipandu oleh visi bekerja laksana membawa organisasinya pada sebuah perjalanan panjang dan berliku tanpa tujuan yang jelas.

 

Manajer atau pemimpin pendidikan, termasuk kepala sekolah yang bekerja tanpa visi, tidak pernah secara sungguh-sungguh memiliki obsesi, imajinasi, atau visualisasi akan dibawa ke mana lembaganya di masa depan. Karenanya, organisasi pendidikan dan sekolah-sekolah kita menuntut kehadiran pemimpin yang visioner. Jika tidak, mereka akan membawa organisasinya ke dunia bunuh diri atau setidaknya menuju kematian secara perlahan. Visi pemimpin atau manajer pendidikan akan menginspirasi tindakan semua staf dan membantunya membentuk masa depan. Visi pemimpin pengaruhnya lebih kuat terhadap orang-orang yang bekerja dan yang memanfaatkan atau mempunyai kepentingan tertentu dalam organisasi pendidikan.

Dalam kerangka mentransformasikan visi organisasi pendidikan menjadi realitas, jangka pendek atau panjang, siapa saja yang duduk pada posisi pimpinan dituntut kemampuan dan keterampilan melaku­kan transaksi dan transformasi atas segala sumberdaya yang tersedia. Karena itu, kepemimpinan dan manajemen transaksional dan transfor­masional di bidang pendidikan makin menjadi perhatian banyak pengamat dan teoritikus akhir-akhir ini.

Buku ini juga diperuntukkan bagi sejawat yang sekarang duduk pada posisi pengelola dan tenaga kependidikan nonformal (PNF), manajemen di universitas, sekolah tinggi, institut atau akademi, mulai dari ketua program studi hingga rektor atau sejenisnya. Politisi, birokrat, pemerhati pendidikan atau siapa saja yang berminat, kiranya tidak salah jika dianjurkan membaca buku ini. Tentu saja, kepala sekolah atau guru yang mau berpromosi menjadi kepala sekolah akan mengambil manfaat banyak dengan membaca buku ini.

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image