Cart : Rp. 0
 
Penerbit Alfabeta Bandung
 
Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis
Kategori : Buku Ekonomi, Manajemen,Bisnis - Manajemen
Penulis : Suwatno dan Donni Juni Priansa
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 368 Halaman
Berat Buku : 450 Gram
Harga : Rp 55.000 / EXEMPLAR
   

Globalisasi adalah konsep pasar bisnis yang mengglobal dan kapitalisme global. Kalau dulu sekitar tahun 1980-an, transaksi keuangan dunia hanya sekitar 300 juta dollar sehari, di tahun 1990-an meningkat tajam menjadi 1 trilyun dollar sehari! Dan di tahun 2010 ini, meningkat puluhan juta dollar seiring dengan semakin masif dan meluasnya dampak globalisasi dan perdagangan dunia yang semakin kompetitif. Kalau dulu transaksi memerlukan waktu berhari-hari, sekarang cukup dalam hitungan per-detik, maka milyaran dollar bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain, berkat electronic mail, electronic businees, electronic payment, electronic and corporate integration. Maka makna globalisasi mengandung arti lingkupnya yang kompak, terintegrasi dan menyatu; menggantikan perekonomian dan bisnis nasional dan regional.

Fenomena tersebut, memunculkan tantangan baru dan kesempatan bagi organisasi publik dan bisnis untuk dapat memahami dan membuat konsep pengelolaan organisasi yang efektif melalui pengelolaan atau manajemen sumber daya manusia (MSDM). Manajemen SDM diakui sebagai suatu isu global dan integral dari daya saing di arena globalisasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa segala masalah yang muncul dalam perkembangan dan persaingan bisnis yang muncul berasal dari manusia dan hanya dapat diselesaikan dan dikelola oleh manusia. Oleh karena itu, muncul konsep penting yang diakui sebagai kunci keunggulan di bidang SDM yaitu melalui the right people in the right place at the right time.

 

Manajemen merupakan ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Enam unsur (6M) dari manajemen: Men, Money, Methode, Material, Machine, dan Market, perlu dikelola dengan profesional. Unsur manusia (Men) berkembang menjadi bidang ilmu khusus dalam manajemen, yang disebut: ”Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)”. Manajemen SDM adalah suatu bidang manajemen yang khusus mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam organisasi publik dan bisnis. Unsur Manajemen SDM adalah manusia yang merupakan tenaga kerja bagi organisasi publik dan bisnis. 

Komentar Pembaca
Tuliskan Komentar anda disini
Nama
Email
Komentar
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image